Visitor Counter

free counters

Monday, March 14, 2011

The Comeback of FFAF and Yellowcard

We are BACK! Oke, what i mean "we" is that i'm back to write this "interesting" blog (well if you think not then it's okay, everybody has their own opinion) and 2 bands are just launched their newest album! Yes, it's Funeral for a Friend (FFAF) and  Yellowcard! Pertama saya jelaskan selama ini saya tidak menulis blog ini lagi karena tidak ada ide, banyak tugas kuliah (maklum makna dari kata MAHA pada mahasiswa adalah tugasnya yang MAHA banyak), memulai sebuah Event Organizer di Bandung, dan volunteer-ing untuk beberapa konser akhir-akhir ini.

Back to the real topic, yes FFAF and Yellowcard has just launced their newest album (re-post). Album baru dari FFAF berjudul Welcome Home Armageddon, sedangkan Yellowcard berjudul When You're Through Thinking, Say Yes. Ceritanya semalam saya sedang tidak ada kerjaan dan selesai mengerjakan tugas kuliah jam 2 pagi, terus iseng buka www.mp3boo.com. Di homepage website ini tiba-tiba saya melihat kedua album baru dari kedua band yang "menemani" masa pertumbuhan saya pas SMP (singkat kata masa-masa labil). Agak terkejut juga karena sudah 3 tahun lebih mereka tidak mengeluarkan album. FFAF terakhir mengeluarkan album Memory and Humanity tahun 2008, sedangkan Yellowcard dengan Paper Walls pada 2007.

Jujur saja saya sudah tidak terlalu mengikuti kedua Band ini semenjak kelas 2 SMA. Dulu saya hampir setiap hari mendengarkan kedua band ini dimanapun, terlebih lagi album FFAF Casually Dressed & Deep in Conversation dan Hours, Yellowcard album Ocean Avenue dengan single "Only One" yang saya yakin manusia-manusia yang lahir sekitar tahun 90-an awal pasti tahu lagu ini. Ocean Avenue sendiri adalah album studio keempat Yellowcard dan (sepertinya) album Yellowcard yang benar-benar paling laku di pasaran. Saya kira Yellowcard sudah R.I.P alias bubar karena di Youtube saya sempat melihat ada orang yang menulis bahwa Showcase Yellowcard di Atlanta (or Seattle or somewhere that i watched the video) adalah show terakhir mereka sebelum memutuskan untuk bubar. But this album has proven that the gossip is really just a gossip. Saya akan coba me-review albumnya satu per satu. And here it goes...

Pada album Welcome Home Armageddon terdapat 11 lagu baru dan 1 lagu intro. Setelah mendengar secara non-stop 1 album ini sekali, saya agak senang karena mereka telah kembali! Pada album Tales Don't Tell Themselves saya agak kecewa karena mereka "melembut". Distorsi dari gitar mereka tetap kencang, tapi tempo lagu-lagunya di album ini lebih pelan. Seperti mereka agak kehilangan arah permainannya, jauh berbeda dengan album Hours dan Casually Dressed. Di album baru ini, mereka tampil kembali garang dengan seperti mengembalikan "identitas" mereka sebagai band Post-Hardcore Screamo. Beberapa lagunya kembali diwarnai dengan scream yang khas. Patut didengarkan lah bagi para pendengar musik keras, apalagi bila suka dengan single lama mereka seperti Juneau, Red is The New Black, Streetcar, etc.

Untuk album Yellowcard When You're Through Thinking, Say Yes ini sendiri masih dengan suara khas Yellowcard. Masih dengan suara-suara biola dalam intro beberapa lagu, seperti pada single mereka For You, and Your Denial mirip dengan lagu mereka di album Ocean Avenue yang berjudul Believe. Saya tidak bisa mengatakan ada perubahan besar pada album ini dengan album sebelumnya Paper Walls karena jujur saja saya lupa lagu di album Paper Walls karena saya terakhir benar-benar mendengarkan mereka pada album sebelumnya yaitu Lights and Sound. Thanks to Mbah Google, saya mendapatkan data bahwa album Ocean Avenue dan Lights and Sound memang album mereka yang paling sukses. Ocean Avenue mendapatkan Platinum award sedangkan Lights and Sound mendapatkan Gold di US. Yellowcard masih tetap di jalur mereka yaitu Pop Punk dengan khas suara sang vokalis Ryan Key dan petikan biola Sean Mackin.

For the conclusion, kedua album ini worth untuk didengarkan bagi mereka yang merasakan jaman-jaman SMP dan SMA di tahun 2000an awal. Life goes on and we grown up, so does musician. Mereka mungkin udah lebih dewasa dalam bermusik dan sedikit berubah, tetapi ada suatu hal dari mereka yang tetap mereka pertahankan dalam gaya bermusik mereka sama seperti dulu saat jaman mereka (pernah) sukses. Sekian untuk review ngasal ini, mohon maaf atas waktu yang sudah saya sita dengan membaca ini :p


Btw, here are the Music Video from their new singles. ENJOY! :)


Yellowcard - For You, And Your Denial



Funeral For a Friend - Front Row Seats to The End of The World

No comments:

Post a Comment