Visitor Counter

free counters

Wednesday, July 7, 2010

MR (Music Review) - DREW (Indonesia)

Selamat datang di blog MLM (Music Life and Media, not Multi-Level Marketing). Seperti judulnya, blog ini akan membicarakan recomended musik untuk didengar, hal-hal yg berhubungan dengan kehidupan, dan media yang ada di kehidupan kita (entah itu media social, media electronic, atau apapun).

Untuk pertama saya akan mencoba menuliskan review mengenai salah satu band di Indonesia, tepatnya Jakarta, bernama DREW. Band ini beraliran pop, beranggotakan 4 orang yaitu Sashilia Gandarum (Vokal), Aji Yudo (Gitar, back up vocal), Putra Praditya (Drum, back up vocal), dan Rishanda Singgih (Bass, back up vocal). Untuk profil bagaimana awal terbentuknya DREW silahkan buka di official website mereka, Facebook atau Myspace mereka karena saya akan menuliskan review berdasarkan apa yang saya lihat, dengar, rasakan (kayak lagunya Sheila on 7 -_-). DREW belum bisa dikategorikan band indie atau band major label karena saya belum tau mereka akan mengeluarkan album pertamanya melalui jalur yg mana.

Pertama kali saya menonton DREW secara live pada tanggal 4 Juli 2010 di acara Indonesian Youth Conference (IYC), DREW adalah pembicara di bagian klinik musik dan salah satu performer di akhir acara. Mereka cukup interactive dengan audience dan cukup "konyol" dalam manggung, namun mereka bisa mengimbangi antara saat bercanda dan saat harus main serius. Ini adalah salah satu yg saya sukai dari band ini karena jarang ada musisi yang interactive dengan audience-nya. Biasanya band menyapa audience, memperkenalkan anggota band, main musik, dan bubaran. Karena itu, hal ini membuat para audience di Teater Salihara (tempat IYC diadakan) menjadi tertarik dengan band ini.

Saya pertama kali mendengarkan DREW sebenarnya lumayan lama, sekitar tahun 2008 ketika mereka menjadi salah satu artis di album Nu Buzz 1.1 yang diluncurkan oleh Prambors. Album Nu Buzz 1.1 ini sendiri adalah album yang berisikan musisi-musisi indie yang mengirimkan demonya ke Prambors dan DREW adalah salah satu musisi terbaik di album ini. Terbukti karena single DREW berjudul Unromantic menjadi hit single pertama dari album ini saat itu (2008).

Setelah lama tidak terdengar kabarnya, band ini tahun 2010 mulai aktif bermain di beberapa gigs besar. Sebut saja salah satunya Java Jazz Festival yang tahun ini diadakan di Kemayoran dan Jazz Goes to Campus yang diadakan di Universitas Indonesia.

Menurut saya, mereka memiliki skill yang bagus dan mereka adalah salah satu musisi yg berasal dari jalur indie yang tetap memegang idealisme bermusik mereka dan berhasil membuat musik yang bisa didengar oleh orang yang tidak biasa mendengarkan musik indie. Hanya beberapa musisi yang berhasil mempertahankan "ego" bermusik mereka. Sebut saja Endah n'Rhesa, Maliq n d'essentials, The S.I.G.I.T, dan beberapa musisi indie lain yang masih mempertahankan "ego" bermusik mereka (FYI : Rhesa Aditya dari Endah n'Rhesa pernah menjadi additional bassist untuk DREW saat Shanda belum masuk ke DREW).




kiri - kanan : Shanda, Sashi, Aji, Putra

Enough with the talk, lets watch and listen to their music!

DREW performing live at Java Jazz Festival 2010



First music video Unromantic by DREW


Ini bukti "komedi" dari drummer dan gitarisnya



Sekian review band DREW dari saya, Satriya Adhiguna, seorang mahasiswa biasa yang menyukai musik. Mohon commentnya demi kelanjutan blog ini hehe. See you another time, readers!

8 comments:

  1. Good Band...
    Nice Review...
    i like it!

    ReplyDelete
  2. tolong post lagu2 drew dong, karena masih susah buat download lagu2nya drew. makasih guys

    ReplyDelete
  3. keren bgt lagu2nya..
    w langsung suka waktu pertama kali denger. w jg setuju sama yg diatas w tolong post lagu2nya soalnya msh susah nyari lagunya.
    thx

    ReplyDelete
  4. woy, beli dong CD-nya, koq malah ngebajak. :(

    ReplyDelete
  5. "Dengar....Mendekat...Dengar...Coba kau perhatikan liriknya..."
    Pertama denger band ini aku udah jatuh cinta...
    Elegan dan eksklusif tapi tetap enjoyable dan nggak "berat" di telinga....
    Sukses buat Drew..^^

    ReplyDelete
  6. lagu terbarunya mana??apa judulnya??kok susah dicari yakk..terakhir gw denger waktu di etro di acara 8.11 kalo gk salah

    ReplyDelete
  7. release tahun 2011..sampai sekarang masih susah cari lagunya :(

    ReplyDelete
  8. sy baru pertama denger satu lagu nya "yg ini utk km"...ngeunaheun euy lagu nya...

    ReplyDelete