Visitor Counter

free counters

Friday, July 23, 2010

BREW (Book Review) - Vice Versa

Selamat pagi, siang, sore, atau malam! (depends on your reading time guys) Kali ini di postingan ketiga blog MLM ini akan membahas sebuah buku berjudul VICE VERSA kalangan Alanda Kariza. Saya sendiri pernah mengenal Alanda Kariza dari jaman SMA karena dulu organisasinya The Cure for Tomorrow (TCFT) pernah membuat kaos mengenai lingkungan dan saya ingin membelinya, namun karena masalah teknis dari saya yang sulit melakukan pembayaran (baca: ga ada duit T.T) di kemudian hari saya lupa dan baru ingat beberapa bulan kemudian (if youre reading this nda, i’m really sorry i forget that hehe). Alanda Kariza sendiri adalah seorang anak muda seumuran dengan saya. Bedanya dia memiliki segudang talenta dan prestasi, sedangkan saya? Jangan dibahas deh -_-

Alanda adalah pendiri dari TCFT dan Indonesian Youth Conference (IYC). Alanda sering berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan sosial, karena hal ini dia menjadi finalis termuda di ajang cosmoGIRL! of the year 2006, menerima Youth Changemaker Awards 2010: Innovation in Clean Water and Sanitation dari lembaga ASHOKA Indonesia, serta menjadi perwakilan Indonesia untuk jaringan aktivis muda Global Changemakers yang berpusat di London (Inggris) dan Bern (Swiss). Selain itu, dia terpilih juga menjadi salah satu dari 40 tokoh terpilih yang profilnya dimuat di 40 tahun Media Indonesia, awal Januari 2010. (to be honest, paragraf ini agak copy-paste dari profilnya di buku Vice Versa hehe).

Nah untuk bukunya sendiri awalnya saya cuman agak mendengar desas-desus mengenai buku ini di Twitter. Beberapa teman saya mempromosikannya di social mediaI itu dan ternyata saya juga menerima invitation launching bukunya di facebook (yang tidak bisa saya hadiri karena sedang di Bandung). Saya mulai tertarik karena Alanda me-Retweet review-review singkat dari beberapa orang yang sudah membaca buku ini. Setelah mencari bukunya di beberapa toko buku berinisial G, bukunya ternyata belum masuk ke toko buku tersebut. Ketika saya menanya ke Alanda, ternyata masih pre-order atau langsung beli di Alanda. Namun (lagi-lagi) karena saya sedang banyak urusan di Bandung, maka saya harus menunggu beberapa saat untuk bisa membeli buku ini. Akhirnya beberapa hari kemudian ketika sedang berjalan-jalan ke toko buku G, saya menemukan bukunya. Harganya juga tidak mahal, bayar pake Bung Otto Iskandar Dinata 2 lembar masi kembalian lah.

VICE VERSA adalah kumpulan dari cerita-cerita pendek yang pernah ditulis Alanda untuk beberapa majalah anak muda dan terdapat juga beberapa cerita baru yang ditulisnya. Mayoritas bercerita mengenai kehidupan manusia secara umum, tidak hanya menceritakan cinta melulu (seperti lagu Efek Rumah Kaca). Yang benar-benar saya kagum adalah Alanda berhasil untuk menceritakan semua ceritanya secara REALISTIS, tidak dilebih-lebihkan seperti cerpen pada umumnya. Ketika saya membaca novel ini, saya merasa seperti flashback ke hal-hal yang pernah saya alami yang mirip dengan cerita yang saya baca. Dari 20 cerpen yang ada dalam buku ini, saya rasa setengah dari cerita yang ditulis Alanda pasti kalian pernah melihat secara langsung. Entah itu kalian sendiri yang mengalami, lingkungan sekitar kalian, atau dari cerita-cerita orang-orang di sekitar lingkungan kalian. Buku ini berisi 20 cerita pendek mengenai berbagai macam hal. Ada yang mengenai jatuh cinta pada pandangan pertama, ada mengenai cinta terhadap orang tua, dan ada juga cerita tentang kaum kelas bawah. Ada sebuah cerita yang agak menyinggung lingkungan saya dulu, tetapi cerita ini membuat saya tau bagaimana orang luar melihat lingkungan saya tersebut. Beberapa cerita di dalam buku ini memang bahasanya agak berat (bahkan saya akui saya sendiri ada beberapa cerita yg ga ngerti bahasanya, maklum saya agak bodoh hehe) tapi mudah dimengerti juga ceritanya. Banyak pelajaran-pelajaran mengenai kehidupan yang bisa diambil dari buku ini. Saya rasa Alanda yang berjiwa sosial tinggi bisa menulis cerita dalam buku ini karena sudah mengerti dan berpengalaman secara langsung melihat lingkungan sekitar Jakarta yg konon katanya keras (but believe me, it is).

Overall, it’s a must read novel if you like Indonesian writter like Sitta Karina. Tidak sepenuhnya serius tetapi memiliki makna yang ingin disampaikan oleh Alanda kepada para pembacanya. Disarankan untuk anak muda dan orang dewasa lah, cowo ataupun cewe juga bisa baca buku ini. Grab it in your nearest bookstore now!

Cover depan VICE VERSA (courtesy of Mbah Google)

Ini dia penulisnya ALANDA KARIZA (Courtesy of Mbah Google)

No comments:

Post a Comment